Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel, /tuʀ ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.
Pengenalan
Dinamai setelah perancangnya, insinyur
Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah
bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia.
[1] Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889,
[2] termasuk 6.719.200 orang tahun 2006,
[3] menjadikannya monumen bertarif yang paling banyak dikunjungi di dunia.
[4][5] Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.
Menara Eiffel Oktober 2007
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika
Chrysler Building di
New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai.
[6] Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua
Tour Montparnasse (210 m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh
Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).
Menara Eiffel dari wilayah sekitarnya.
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin.
[3] Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama,
[7] setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju platform observasi atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat diubah; menara ini dicat coklat-kelabu.
[8] Di tingkat pertama terdapat konsol interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek Menara Eiffel adalah Emile Nouguier,
Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.
[9]
Sejarah
Templat:Unreferencedsection
Menara Eiffel dalam pembangunan bulan Juli 1888.
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk
Exposition Universelle,
Pameran Dunia yang merayakan seabad
Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota
Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini
diresmikan tanggal
31 Maret 1889, dan dibuka tanggal
6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian
besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam
bentuk struktural oleh
Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk
pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Pemandangan Pembangunan Menara Eiffel: di tingkat pertama
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai
Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.”
[10] Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] — yang membenci menara itu — makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok.
Salah satu cliché film
Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada
Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama
Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.
Bentuk menara
Melihat ke atas Menara Eiffel.
Ketika menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka harus mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
“ | Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan. | ” |
|
Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru adalah
persamaan berbeda integral
nonlinear didasarkan pada pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat melawan angin.
[12][13]
Pemasangan
Menara Eiffel dan Seine di malam hari
Sejak awal abad ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi
radio. Hingga 1950-an, sebuah kumpulan kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di
Avenue de Suffren dan
Champ de Mars. Mereka terhubung dengan transmitter gelombang panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio bawah tanah permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga sekarang.
[rujukan?] Tanggal
20 November 1913,
Paris Observatory, menggunakan Menara Eiffel sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan
Pusat Observasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan antena di
Arlington, Virginia. Obyek transmisi untuk mengukur perbedaan garis bujur antara
Paris dan
Washington, D.C.[14]
Menara ini memiliki dua restoran:
Altitude 95, di tingkat pertama (95 m, 311 kaki, di atas
permukaan laut); dan
Jules Verne, sebuah restoran
gastronomis mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini memiliki bintang satu di
Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007, seorang koki dengan banyak bintang Michelin
Alain Ducasse dibawa ke Menara untuk menjalankan
Jules Verne.
[15]
Dek observasi teratas, dengan ketinggian 275 meter, merupakan wilayah tertinggi struktur arsitektur di
Uni Eropa yang dibuka untuk umum.
[rujukan?]
Lift penumpang dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan penarik yang dijalankan oleh piston besar berkekuatan air. Ketika menaiki lengkungan, kabin elevator naik sedikit, tapi dengan kejutan naik setiap beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya sejajar. Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah museum di satu dari empat pilar menara.
Peristiwa
Templat:Refimprovesect
Petir menyambar Menara Eiffel 3 Juni 1902, pukul 9:20 malam Menara Eiffel sebagai papan iklan untuk Citroën sejak 1925 hingga 1934. |
“ | Kepada Tn. Eiffel sang Insinyur sang pembangun berani Arsitektur modern besar dan asli dari sesorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua Insinyur termasuk sang Insinyur Besar sang Bon Dieu, Thomas Edison. | ” |
- Tahun 1902, menara ini tersambar petir (lihat foto di kanan). Puncak setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi menara segera diganti.[16]
- Bapa Theodor Wulf tahun 1910 melakukan observasi energi pancar yang dipancarkan di atas dan bawah menara, menemukan bagian atasnya lebih dari yang diperkirakan, dan mengawali apa yang saat ini disebut sinar kosmik.[17]
- Tanggal 4 Februari 1912, penjahit Austria Franz Reichelt tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama menara Eiffel dengan parasut buatannya.
- Tahun 1925, pelukis Victor Lustig "menjual" menara ini sebagai besi tua.
- Tahun 1930, menara ini kehilangan gelarnya sebagai struktur tertinggi di dunia ketika Chrysler Building selesai dibangun di New York City.
- Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroën memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu itu.
- Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940, kabel lift dipotong oleh orang Perancis sehingga Adolf Hitler harus menaiki tangga ke puncaknya. Bagian-bagian untuk memperbaikinya tidak mungkin didapat karena perang. Tahun 1940 tentara Nazi harus memanjat ke atas untuk mengibarkan swastika, tapi bendera ini terlalu besar sehingga tertiup angin beberapa jam kemudian, dan digantikan oleh yang kecil. Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan bahwa Hitler menguasai Perancis, bukan Menara Eiffel. Seorang Perancis mengukur menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Perancis. Bulan Agustus 1944, ketika Sekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, meruntuhkan menara bersama seluruh kota. Von Choltitz menolak perintah itu. Lift Menara bekerja normal beberapa jam setelah Pembebasan Paris.
- Tanggal 3 Januari 1956, kebakaran menghanguskan puncak menara.
- Tahun 1957, antena radio ditambahkan di puncaknya.
- Tahun 1980-an, sebuah restoran tua dan pondasi besinya dibongkar; dibeli dan dibangun kembali di St. Charles Avenue di New Orleans, Louisiana, oleh pengusaha John Onorio dan Daniel Bonnot, bernama Tour Eiffel Restaurant, lebih dikenal dengan Red Room. Restoran ini dibuat kembali dari 11.000 bagian yang melintasi Atlantik dalam kontainer kargo 40 kaki (12 m).
- Tanggal 31 Maret 1984, Robert Moriarty menerbangkan sebuah Beechcraft Bonanza melalui lengkungan bawah menara.[18]
- Dalam film aksi/petualangan James Bond tahun 1985 A View to a Kill, Sir Roger Moore sebagai James Bond mengejar May Day yang diperankan oleh aktris Grace Jones di atas Menara Eiffel. Ia berparasut dari struktur itu untuk kabur. Video lagu tema film, dinyanyikan oleh Duran Duran, juga meliputi beberapa adegan band menyanyi di menara yang berbenturan dengan adegan dari film. 20 tahun sebelumnya, film Bond Thunderball (1985) memperlihatkan menara ketika Largo, diperankan Adolfo Celi, parkir di luar kantor SPECTRE di Paris.
- Tanggal 14 Juli 1995, Hari Bastille, pemusik sintesiser Perancis Jean Michel Jarre mempertunjukkan Konser Untuk Kepedulian di menara atas bantuan UNESCO. Konser gratis ini dikunjungi oleh 1.5 juta orang, memenuhi Champ-de-Mars. Konser tersebut menampilkan efek lampu dan proyeksi di menara, dan kembang api raksasa di luar. 3 tahun kemudian, ia kembali ketempat yang sama untuk acara musik lainnya, Electronic Night.
- Pada Perayaan Tahun Baru 2000, Menara Eiffel menyelenggarakan Perayaan Milenium Paris. Kembang api ditembakkan dari keseluruhan panjang menara dalam penampilan spektakuler. Sebuah pameran di atas cafeteria di tingkat pertama juga merayakannya.
- Tahun 2000, lampu kedip dan empat lampu suar berkekuatan tinggi dipasang di menara. Sejak itu pertunjukkan lampu telah menjadi acara harian setiap malam. Lampu suar di atas menara menjadikannya menara suar dalam langit malam Paris.
- Menara ini menerima tamu ke 200.000.000 pada tahun 2002.[19][20]
- Pukul 19:20 tanggal 22 Juli 2003, kebakaran terjadi di puncak menara pada ruang persiapan penyiaran. Keseluruhan menara dikosongkan; kebakaran dapat dikendalikan setelaqh 40 menit, dan tidak ada laporan korban luka.
- Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.
72 nama
Gustave Eiffel mengabadikan di menara itu tujuh puluh dua nama ilmuwan, insinyur dan orang terkenal
Perancis lainnya. Nama-nama itu dihapus di awal abad ke-20 tapi dikembalikan semula tahun 1986-1987 oleh
Société Nouvelle d'exploitation de la Tour Eiffel, sebuah perusahaan yang dikontrak untuk mengoperasikan bisnis yang berhubungan dengan Menara.
Klaim hak cipta gambar
Gambar menara telah lama menjadi
domain umum; tetapi, tahun 2003 SNTE (Société nouvelle d'exploitation de la tour Eiffel) memasang penerangan baru di menara itu. Efek ini bertujuan membuat gambar malam lain menara dan penampilan penerangannya di bawah hak cipta. Sebagai hasilnya, tidak lama lagi dibolehkan menyebarkan foto menara di malam hari tanpa izin di beberapa negara.
[21][22]
Pemberian hak cipta ini kontroversial. Direktur Dokumentasi untuk SNTE, Stéphane Dieu, berkomentar pada Januari 2005, "Hal ini hanya bertujuan untuk menjaga penggunaan komersial gambar, sehingga tidak digunakan dalam cara-cara yang tidak kami setujui." Tetapi, juga mungkin memiliki efek melarang foto turis pada menara di malam hari disebarkan
[23] juga penyebaran gambar yang tidak bertujuan mencari keuntungan dan semi-komersial terhadap menara.
Dalam keputusan terbaru,
Pengadilan Kasasi menyatakan bahwa hak cipta tidak dapat diklaim terhadap gambar yang meliputi bangunan berhak cipta bila foto meliputi wilayah yang lebih luas. Ini menandakan bahwa SNTE tidak dapat mengklaim hak cipta atas foto di Paris yang meliputi pemunculan menara.
Di beberapa yurisdiksi, klaim hak cipta ini sangat tidak diizinkan. Pada
hukum hak cipta Republik Irlandia, pekerjaan "permanen yang dilakukan di tempat umum atau tempat yang dibuka untuk umum" dapat dimasukan secara bebas pada reproduksi visual.
[24]
Dalam budaya umum
Pemandangan panorama dari bawah Menara Eiffel.
Sebagai bangunan global, Menara Eiffel muncul dalam media seperti film, permainan video, dan acara televisi.
[sunting] Menara besi yang lebih tinggi dari Menara Eiffel
Struktur arsitektur di Perancis yang lebih tinggi dari Menara Eiffel
Menara sejenis dan reproduksi
Menara sejenis (tanpa skala penuh)
Dalam urutan tinggi yang menurun:
- Menara CN, Toronto, Kanada — 553.33 m, menara berdiri bebas tertinggi kedua di dunia
- Menara TV Kiev, Kiev, Ukraina — 385 m, menara besi tertinggi di dunia, tanpa dek observasi bagi pengunjung
- Menara Radio dan TV Riga, Riga, Latvia — menara beton 368.5 m dengan tiga tiang
- Macau Tower, Macau SAR — 338 m, dengan dek observasi di 237.62 m dan dengan bungge jump tertinggi di dunia dengan 233 m
- Dragon Tower, Harbin — sebuah menara besi 336 m di Harbin, Cina
- Tokyo Tower, Tokyo, Jepang — 9 m lebih tinggi dari aslinya (33 m bila antena TV dimasukkan).
- Menara TV Yerevan, Yerevan, Armenia — menara besi 311.7 m dibangun sejak 1974 hingga 1977
- Menara TV Saint Petersburg, Saint Petersburg, Rusia — menara besi 310 m tanpa dek observasi
- Star Tower, Cincinnati, Ohio — menara pemancar 291.4 m, tanpa dek observasi
- Menara TV Qingdao, Cina — menara TV 232 m dengan dek observasi
- Pemancar Crystal Palace, London, Inggris — menara TV 222 m tanpa dek observasi, dijuluki Menara Eiffel London[rujukan?].
- Menara TV Brasilia, Brasilia, Brazil — menara besi 224 m dengan dek observasi pada 75 m
- Menara TV Guangzhou, Guangzhou, Cina — menara TV besi 217 m
- Blosenbergturm, Beromünster, Swiss — menara 217 m untuk penyiaran DRS-1 pada frekuensi gelombang menengah 531 kHz.
- Menara TV Nagoya, Nagoya, Jepang — 180 m
- Odinstårnet, Odense, Denmark — menara besi 177 meter, hancur tahun 1944
- The Spire The Arts Centre (Melbourne), Melbourne Australia — dibangun tahun 1996 dengan tinggi 163 m dan dipenuhi dengan tube fiber optik 6.600 m (21.65k kaki), tube neon 150 m (492 kaki) pada menara dan 14.000 lampu pijar di puncak. Tambahan besi di puncak juga terpengaruh oleh tutu ballerina.
- Pemancar Ismaning, Ismaning, Jerman — 163 m, sebuah menara radio kayu berbentuj Menara Eiffel (dijuluki "Menara Eiffel Bavaria") dibangun 1934.[25] Tahun 1983 menara ini hancur, karena strukturnya yang buruk
- Blackpool Tower, Blackpool, Inggris — 158 m (519 kaki); bukanlah struktur berdiri bebas ketika berdiri di atas komplek Tower Circus, dimana keempat "kaki"nya dapat dilihat.
- Mesquite Tower, Mesquite, Texas — menara pemancar 155.3 m, tanpa dek observasi
- Pemancar Croydon — menara pemancar 152 m di London, tanpa dek observasi
- Menara Radio Berlin, Berlin, Jerman — menara pemancar 150 m dengan dek observasi. Terkadang dijuluki salinan Menara Eiffel, meskipun kedua struktur tidak mirip. Menara Radio Berlin merupakan satu-satunya menara observasi yang kakinya terinsulasi dari tanah.
- Menara TV Sapporo, Sapporo, Jepang — 147 m
- Menara Radio Gliwice, Gliwice, Polandia — 118 m. Menara ini, yang dibangun dari kayu tanpa besi dan sekarang menjadi struktur kayu tertinggi di dunia, dijuluki hingga 1945 "Menara Eiffel Silesia" oleh penduduk lokal.
- AWA Tower, Sydney, Australia — 101 m, 46 m di atas bangunan 55 m, dibangun tahun 1938-39.
- Beppu Tower, Beppu, Jepang — 100 m[26]
- Zendstation Zwollerkerspel — menara radio 90 m
- Tour métallique de Fourvière, Lyon, Perancis — menara besi 85.7 m dibangun sejak 1892 hingga 1894. Digunakan hingga 1953 sebagai menara observasi, sekarang menara TV — ditutup bagi pengunjung.
- Torre del Reformador, Guatemala City, Guatemala — 75 m
- Hot Springs Mountain Tower — 65.80 m, dengan dek observasi
- Pemancar Brookmans Park — dua menara besi 60.96 m, terinsulasi dari tanah
- Petřínská rozhledna, Praha, Republik Ceko — 60 m, dibangun tahun 1891
- Bachtel Tower, Hinwil, Swiss — 60 m, dibangun tahun 1986
- Wiesbaden Bismarck Tower, Wiesbaden, Jerman — menara observasi jeruji berkayu 50 m, dibangun tahun 1910 dan hancur tahun 1918.
- Watkin's Tower, Wembley Park, London, Inggris — tidak pernah selesai, hancur tahun 1907
- Joseph's Cross, Stollberg/Harz, Jerman — menara observasi 38 m berbentuk salib
- Lemberg Tower, Pegunungan Lemberg, Jerman — menara observasi besi 33 m, dibangun tahun 189
- Gehrenberg Tower, Deggenhausertal, Jerman — menara observasi besi 30 m, dibangun tahun 1903
- Salzgitter Bismarck Tower, Salzgitter, Jerman — menara observasi 17 m terdiri dari basement batu 5 meter dan menara jeruji 12 m dibangun tahun 1900
- Mount Gorbea Summit Cross — salib pertemuan 17.2 meter di Gunung Gorbea
- Tour du Belvédère — menara observasi kecil di Mulhouse, Alsace, Perancis
- Woodwards Building, Vancouver, Kanada — reproduksi kecil di atap bangunan yang ditutupi neon "W". Bangunan ini telah dihancurkan, hanya sebagian facade bertahan. Akan digantikan oleh kondominium dan beberapa perumahan tingkat rendah.
- Hashawha Tower, Westminster, Maryland — Kincir angin yang disumbangkan Hashawha Bear Branch Nature Center. Berdiri 10 m (35 kaki), terdapat pasak di sisinya untuk dinaiki, dan terdapat dek observasi kecil di atas yang memiliki pemandangan baik terhadap daerah sekelilingnya.
- Taman Hiburan Kings Island, Mason, Ohio — ~100 m (~328 kaki, skala 1:3)39°20′36″LU,84°16′1″BB
- Taman Hiburan Kings Dominion, Doswell, Virginia — 84 m (275 kaki, sakala 1:3:59)
- Menara Televisi Da Lat, Dalat, Vietnam — 80 m
Reproduksi
Dalam urutan berdasarkan tinggi yang menurun:
- Di depan hotel/kasino Paris Las Vegas di Las Vegas Strip, Paradise, Nevada, dekat Las Vegas, Nevada — 165 m (540 kaki), skala 1:2). 36°6′45″LU,115°10′20″BB
- Tianducheng, Hangzhou, Cina ~ 108 m[1] [2] 30°23′6.72″LU,120°14′36.60″BT
- Shenzen, Cina — ~100 m (~328 kaki, skala 1:3) 22°32′13.33″LU,113°58′9.51″BT
- Slobozia, Rumania — 54 m (177 kaki)
- Di Parizh, Oblast Chelyabinsk, Distrik Nagaybaksky, Oblast Chelyabinsk, Rusia. Dibangun oleh South Ural Cell Telephone sebagai menara telepon — 50 m (164 kaki) 53°17′51.02″LU,60°5′59.46″BT
- Di Zoo, Copenhagen, Denmark. Replika kayu — 50 m (164 kaki) 55°40′19.16″LU,12°31′24.70″BT
- Fayetteville, North Carolina — Bordeaux Tower setinggi 45 m (150 kaki) memiliki elevator yang membawa pengunjung ke atas untuk pemandangan kecil.
- Taman tema Epcot Walt Disney World di Lake Buena Vista, Florida (di France Pavilion di World Showcase) — 23 m (76 kaki, skala 1:10)[27]
- Paris, Texas — 20 m (65 kaki)
- Menara Eiffel (Paris, Tennessee) di Paris, Tennessee — 20 m (60 kaki)
- Sebagai model Meccano, dibangun di Museum Teknologi Georgia (Atlanta, Georgia) — 11 m (36 kaki)[28]
- Di atap perusahaan Rungis Express di Meckenheim dan Satteldorf, Jerman — (tinggi tak diketahui)
- Bagian dari Falconcity of Wonders — proyek pembangunan baru di Dubai, UEA, menampilkan tujuh kejaiban dunia modern (rencana).
- Mini-Europe, Brussels, sebuah model 12.96 m (perbandingan 1:25 dengan yang asli).[29] 25°5′43.8″LU,55°20′31.5″BT
- Model di atap kafe Rue De Paris di Brisbane, Australia — (secara kasar 12 m)
- Model di taman tema di Genting Highlands, Malaysia
- Di Austin, Texas terdapat replika 7.5 m (25 kaki) di Dreyfus Antique Shop.
- Model 18 m di Filiatra, Messinia, Yunani, di pintu masuk desa [30][31]
- Paris, Michigan; sekitar 3 m (10 kaki) dan dalam sebuah taman
- Resor laut Golden Sands (Varna), Bulgaria - Menara dengan perbandingan 1:10 dibangun di kota sebagai atraksi turis.
- Kazakhstan, Aktau - model di depan kantor "Oil Construction Company"
Stasiun penyiar
Radio FM
TV
Program | Nomor Saluran | Frekuensi | ERP |
Canal+ | 6 | 182,25 MHz | 100 kW |
France 2 | 22 | 479,25 MHz | 500 kW |
TF1 | 25 | 503,25 MHz | 500 kW |
France 3 | 28 | 527,25 MHz | 500 kW |
France 5 | 30 | 543,25 MHz | 100 kW |
M6 | 33 | 567,25 MHz | 100 kW |
0 komentar:
Posting Komentar