Blog Archive


Pulau Seram

Written by cnathael@blog.com 0 komentar Posted in: ,

Seram
Pulau Seram dan Ambon (Peta Pelayaran Operasional 
1967)
Peta lokasi pulau Seram
{{{peta2}}}
Koordinat
Negara Indonesia
Gugus kepulauan Kepulauan Maluku
Provinsi Maluku
Kabupaten
Garis pantai -
Luas 17.100 km²
Populasi -
Kota terbesar {{{kota terbesar}}}
(?)
Pantai Seram
Pulau Seram terletak di sebelah utara Pulau Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Kota utamanya ialah Masohi, ibukota kabupaten Maluku Tengah. Di pulau ini terdapat beberapa pelabuhan: Amahai, Masohi, Kairatu, dan pelabuhan rakyat seperti Tehoru, Bula, Geser, dan Piru.

Geografi

Pulau Seram memiliki wilayah seluas 18.625 km2 , dengan panjang 340 km dan lebar 60 km. Titik tertingginya ialah Gunung Binaiya, setinggi 3.019m di atas permukaan laut.
Pulau Seram memiliki alam pegunungan dan hutan tropis. Produk-produk yang dihasilkan antara lain cengkih, pala, kopra, damar, sagu, ikan, dan minyak. Terdapat satu taman nasional yaitu Taman Nasional Manusela yang terkenal karena banyak hewan dan tumbuhan endemiknya. Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh melalui Desa Yaputih atau Hatu di Kecamatan Tehoru, kurang lebih 100km dari Masohi

Penduduk

Orang-orang Alifuru dari daerah pegunungan Pulau Seram. Foto: KITLV
Penduduk aslinya adalah suku Alifuru. Namun sekarang telah banyak pendatang dari berbagai pulau di sekitarnya.

Administrasi

Secara administratif Pulau Seram dibagi menjadi tiga kabupaten: Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Sejarah

Misionaris Portugal berada di Pulau Seram pada abad ke-16. Pos dagang Belanda didirikan pada awal abad ke-17. Pada 1650, Seram dikuasai oleh Belanda

Agama

Sebagian besar penduduk Seram menganut agama Islam, Protestan, Katholik, atau kepercayaan Animisme. Suku Manusela menganut jenis sinkretisasi Hindu.

0 komentar:

Header 468x60 Ads
Free Fire Pointer Blue MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com
Blog Ini Akan Di alihkan ke http://tianminipedia.blogspot.com