Blog Archive


Anjing dengan bulu pendek lebih mudah untuk dimandikan terutama jika berukuran kecil. anda dapat memandikannya di wastafel kamar mandi,bathtub atau di dapur (tempat mencuci piring).

Anjing dengan ukuran lebih besar dan bulu lebih panjang lebih sulit untuk ditangani, kadang-kadang butuh 2 orang untuk memandikannya, untuk anjing seperti ini tempat terbaik untuk memandikannya adalah di bathtub atau di halaman rumah jika cuacanya mendukung.

Gunakanlah shampoo anjing yang tidak terlalu keras dan tidak pedih dimata,jika anjing anda memiliki problem kulit atau kutu gunakanlah shampoo yang sesuai. Pada saat menggunakan shampoo anjing biasa, anda bisa mengencerkannya dengan menambahkan sedikit air karena banyak shampoo anjing yang terlalu kental sehingga sulit untuk mengoleskannya secara merata pada tubuh anjing  (jangan mengencerkan shampoo anti kutu atau shampoo untuk mengobati sakit kulit karena itu akan mempengaruhi komposisi bahan aktifnya!), saya biasa mengencerkan dengan perbandingan 25%-50% air, tergantung seberapa kental shmpoo tersebut.(Anda dapat menuangkan shampoo tersebut kedalam botol kosong dan mencampurkannya dengan air sampai anda rasa sudah cukup encer) dengan mengencerkan shampoo anda juga dapat berhemat!.

Beberapa orang menggunakan shampoo untuk manusia pada anjing peliharaannya dan bahkan ada yang menggunakan sabun pencuci piring, hal tersebut sebenarnya tidak diperkenankan karena keduanya mempunyai kandungan yang terlalu keras untuk kulit anjing dan dapat mengakibatkan problem kulit di masa yang akan datang.




Langkah-langkahnya adalah:

1. Potong kuku anjing terlebih dahulu (hati2 pada saat memotong karena jika memotong terlalu dalam akan mengakibatkan pembuluh darah yang ada di kuku bisa terluka!)

2. Pada anjing yang berbulu panjang,Gunting bulu yang ada di telapak kaki anjing.

3. Bagian sekitar dubur anjing berbulu panjang juga harus dipotong bulunya agar kotoran tidak tersangkut dibulu.Pemotongan hanya disekitar dubur saja sehingga terlihat rapih dan higienis

4. Sisir/sikat bulu anjing untuk membuang semua bulu yang rontok, jika ada bulu yang kusut atau gimbal harus diluruskan terlebih dahulu (jika bulu terlalu gimbal untuk di luruskan dapat di potong)jangan mengharapkan shampoo anjing yang mengandung conditioner dapat meluruskan bulu yang kusut tersebut karena memang tidak, bulu yang kusut/gimbal dapat menahan kotoran dan bekas shampoo yang mengakibatkan bulu akan semakin kusut dan menyebabkan problem kulit dikemudian hari.

5. Bersihkan telinga anjing dari kotoran dengan kapas/cottonbud yang di olesi alkohol 70% atau cairan pembersih telinga yang dijual di PETSHOP, kapas jangan terlalu basah karena cairan tersebut dapat masuk dan melukai gendang telinga!

6. Basahi tubuh anjing dengan merata dari leher ke ekor!

7. oleskan shampoo secara merata dimulai dari bagian belakang tubuh anjing lalu ke depan,gosok tubuh anjing (bisa dengan sikat halus) sampai shampoo berbusa.

8. Bilas tubuh anjing sampai BENAR-BENAR BERSIH, sisa shampoo dapat mengakibatkan gatal dan masalah kulit.

9. Keringkan anjing dengan menggunakan kain yang memiliki daya serap yang tinggi.

10. Lalu Keringkan anjing dengan menggunakan blower khusus untuk anjing, jika menggunakan hairdryer harus diperhatikan suhu nya! terlalu panas akan merusak kulit dan bulu anjing dan jangan terlalu dekat!

11. sisir kembali bulu anjing anda seluruhnya agar rapih.

TIPS
- Siapkan segala sesuatunya (alat-alat yang dibutuhkan) sebelum anda mulai dan letakan di tempat yang mudah anda jangkau tapi tidak dapat dijangkau anjing anda.

- Jika menggunakan bathtub alasi dengan alas karet agar tidak tergelincir.

- Tidak dianjurkan untuk menggunakan kapas untuk menutup telinga karena kapas menyerap air dan dapat meneteskan ke dalam telinga, berhati-hati lah saja agar air tidak masuk ke dalam telinga anjing.

- jika anjing tidak terlalu kotor maka tidak perlu menggunakan shampoo dua kali.(kecuali anjing tersebut sudah lama sekali tidak dimandikan)

- jika bulu anjing benar-benar kusut atau gimbal mungkin saatnya anda mendatangi professional groomer.

- lebih baik menggunakan selang biasa dibandingkan sprayer karena dengan selang anda dapat mengatur tekanan air,,,,sprayer cenderung mempunyai tekanan air yang besar yang dapat melukai dan membuat anjing tidak nyaman atau malah takut.

- Biasanya anjing tidak perlu dimandikan lebih dari 2 minggu sekali (jika anjing di dalam rumah hanya perlu sebulan sekali), terlalu sering memandikan akan menghilangkan kelembaban alami pada kulit dan bulu anjing yang mengakibatkan kulit/bulu kering.

- biasakanlah anjing anda dimandikan dan disikat sedari kecil.

0 komentar:

Header 468x60 Ads
Free Fire Pointer Blue MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com
Blog Ini Akan Di alihkan ke http://tianminipedia.blogspot.com